Selamat Datang

Bagi pengunjung Blog, silahkan di baca dan di simak dengan baik, pada Artikel dan Komentar untuk mendapatkan ilmu dan manfa'at nya.

Silahkan mengunjungi Toko Online di sini Tokopedia Teguh HydroFarm dan Shopee Teguh Sakura
Silahkan mengunjungi Channel Youtube disini Youtube Teguh Sakura

Alhamdulillah, Terima kasih bagi yang telah mengunjungi Blog, Toko dan Channel Youtube.




Kamis, 23 Maret 2017

Menyemai Tanaman Cabe (Pem Bibit an)

Ini di sebut Bibit, yaitu tanaman yang sudah siap di pindah ke tempat pembesaran.

Alhamdulillah, sekarang ada waktu untuk menulis lagi.
Saat nya menulis tenang Tanaman Cabe.

Kali ini tentang menyemai Benih tanaman cabe, cara ini bisa di pakai buat semai tanaman buah lain nya seperti tomat, melon, dst
Saya memakai Gelas Plastik kecil warna putih, agar tidak menyerap panas dan untuk mengurangi sinar matahari yang mengenai air nutrisi agar air nya tidak berlumut.
Biasanya di toko disebut Gelas plastik buat Kopi dan Gelas Plastik ini yang Ukuran tinggi nya sekitar 6 cm dan Diameter 7 cm.
Sebaiknya pakai yang Ukuran segitu, agar semaian tidak kutilang.

Disini saya contoh kan saat menyemai tanaman cabe jenis Red Habanero,
yang mulai saya semai pada tanggal 1 Maret 2017.

Sedikit meluruskan salah sebut yang kadang terjadi di masyarakat awam, mengenai Benih dan Bibit.

  1. Benih ini Istilah untuk Biji dari Buah tanaman untuk di Semai menjadi Bibit.
  2. Bibit ini Istilah untuk Tanaman hasil dari semaian yang siap untuk di besar kan.





Mari kita lanjut ke persiapan nya:

Persiapan - 01 Maret 2017

Yang saya persiapkan:
  1. Rockwoll potongan kotak sekitar 4 cm x 4 cm x 4 cm atau 5 cm x 5 cm x 4 cm.
  2. Biji benih cabe , saya masukkan di plastik klip.
    > Disini saya semai Cabe Red Habanero, tapi ada beberapa foto dari cabe lain, seperti BBM, Yellow 7 Pod
  3. Gelas Gelas Plastik.
  4. Tutup plastik transparan, bisa di beli di tempat penjual gelas plastik.
    > ini buat menjaga agar biji tidak di makan tikus dan menjaga air yang memuai akan jatuh lagi ke gelas, jadi tidak perlu mengecek air.
  5. Wadah berisi Air besih, saya pakai air pdam dengan ppm sekitar 120.
  6. Pinset buat memegang dan memasukkan biji cabe.
  7. Spidol buat menandai.


Sekarang mari kita mulai pembibitan/penyemaian nya:
  1. Masukkan Potongan Rockwoll kedalam Gelas Gelas.





  2. Siram Rockwoll di dalam gelas dengan Air secukupnya, kira kira separuh ketinggian rockwoll.



  3. Sekarang saya keluarkan Biji dari Plastik Klip



  4. Sekarang saya mulai memasukkan biji biji an ke Rockwoll.

  5. ambil biji nya dengan pinset

    masukkan ke rockwoll

    selesai dimasukkan semua, per gelas isi satu saja.

  6. Sekarang saya tutup dengan penutup Plastik.




  7. Sekarang kita beri Label dengan Spidol.




  8. Selesai, tinggal di tunggu perkembangan nya.
    Jangan lupa untuk selalu di cek, jika biji sudah tumbuh sampai setinggi tutup,
    Maka anda buka tutupnya.
    Pastikan mendapatkan Sinar Matahari langsung, terutama cahaya sinar matahari pagi.



Ini foto foto perkembangan tanaman cabe nya:






Saat ini semaian Red Habanero sampai ukuran ini - 20 Maret 2017

Semaian Big Black Mama (BBM)

2 tanaman BBM di kiri dan 1 tanaman Yellow 7 pod di kanan - 23 Maret 2017

Ma'af fotonya saya campur dengan tanaman cabe jenis lain, karena sampai saat saya menulis artikel ini, Tanaman Cabe Red Habanero masih tahap semai.

Saat Tanaman sudah mempunyai 4 Helai Daun, anda bisa memberi Air Nutrisi dengan PPM Rendah,
sekitar 200-300 ppm.
Setelah Tinggi Tanaman mencapai 10 cm - 15 cm, anda bisa memindah ke Sistem pembesaran.

Anda bisa melanjutkan membaca ini Menanam Tanaman Cabe dengan Sistem Water Culture (DWC Kratky)


Semoga membantu.

15 komentar:

  1. mantap ini mas, benih dan bibit memang banyak yang keliru. berarti bagian bawah gelas tidak dilubangi ya mas? airnya tetap menggenang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Bagian bawah tidak di lubangi.
      Iya, air nya di buat menggenang tapi jangan merendam media tanam, di buat ketinggian genangan air sampai separuh media tanam.

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  2. Gan, gak jualan di tokped lagi ya? Kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pindah buka toko di http://TeguhFarm.blogspot.com/ dan Olx.
      Untuk di Toped dan BL saya tutup karena takut sama Kasus RekBer Black Panda yang Pemilik Usaha mencuri semua uang yang ikut di Rekber.
      jadi saya hindari yang nama nya RekBer.

      Hapus
  3. Assalamualaikum.

    Pak, apa cabe jenis2 yellow 7, BBM, dan sejeniasnya pasar jualnya hanya di tanaman hias? Apa ada pasar jual bisnis seperti cabai rawit atau sejenisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumsalam Warahmatullah.

      Di Indonesia kebanyakan hanya untuk Tanaman Hias.
      Karena rasa nya terlalu pedas dan ada Langu nya, gak cocok sama kebanyakan orang indonesia.

      Kalau mau di jadikan Masakan, hanya cocok buat masakan Orang Luar Negri.


      Kalau mau di bisniskan, di jual nya ke restoran masakan luar negri, seperti masakan meksiko, dll
      Atau di Jual di Expor, bisa di tawarkan di Ebay, dkk

      Semoga membantu. ^_^

      Hapus
  4. Daun berwarna kuning karna faktor apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Kalau dari pengalaman saya,
      Bisa karena:
      1. Akar stress karena Air panas sehingga tidak bisa menyerap unsur unsur hara. ( Suhu yang bagus 25C )
      2. Kekurangan Unsur hara N atau Fe.
      3. Kurang mendapatkan asupan sinar matahari langsung.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  5. Halo Pak Teguh, Salam kenal. Saya sudah mencoba nanam cabe namun sudah sebulan setelah sprout tanamannya masih berdaun 2(lambat) dan beberapa daunnya gugur dan menguning. jadi mau mencoba ulang lagi,
    Ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan:
    1. Untuk penutupnya apakah harus yang transparant?
    2. Pada saat tinggi berapa tanamannya maka penutup plastiknya harus dibuka? 2 cm ya kira2?
    3. Sampai tanamannya berdaun 4 (pembesaran) apakah semaian harus dijaga (air dalam pot harus setinggi stgh dari rockwoll?)

    Terima kaish Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Daun menguning, bisa karena akar tidak menyerap nutrisi.
      Akar tidak bisa menyerap nutrisi bisa karena:
      1. akar stress karena kepanasan.
      2. air punya ph terlalu tinggi, ph yg bagus di kisaran 5.5 - 6.5
      3. nutrisi yang dipakai kurang bagus

      ------------------------

      1. Sebaiknya transparan agar anda tahu kalau sudah sprout, dan bisa segera dipindah ketempat yang terkena sinar matahari langsung.
      2. Saat tinggi tanamannya menyentuh tutup tanaman, di buka itu supaya pertumbuhan tanaman tidak terhalang tutup.
      3. ukurannya bukan jumlah daun atau tinggi tanaman, tapi ukuran akar nya.
      Jika akar masih pendek dan sedikit, maka di jaga agar air menyentuh rockwoll.
      Disaat akar sudah panjang, baru di kurangi kira kira 5 - 10 cm dari rockwoll.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
    2. Terima kasih untuk penjelasannya Pak Teguh,

      oh jadi begitu sprout tidak dilepaskan plastiknya ya, nammun hanya diperkenalkan dengan matahari dan pas tinggi tanaman mau melebihi plastiknya dibuka.
      -------------------------------------------------------
      3. ukurannya bukan jumlah daun atau tinggi tanaman, tapi ukuran akar nya.
      Jika akar masih pendek dan sedikit, maka di jaga agar air menyentuh rockwoll.

      krn pot tidak dilubangi artinya air dalam pot selalu ada ya Pak?
      --------------------------------------------------------
      Disaat akar sudah panjang, baru di kurangi kira kira 5 - 10 cm dari rockwoll.

      Maksudnya krn akar sudah panjang jadi air tidak perlu banyak2 ya Pak? kira2 0,5 - 1 cm?

      Terima kasih sebelumnya :)

      Hapus
    3. Betul, jika akar sudah banyak dan panjang kira kira minimal 15 cm.
      Maka Air tidak perlu sebanyak pada saat akar masih pendek, tapi tetap di jaga air nutrisi di ketinggian 5 - 10 cm dari bawah netpot/rockwoll.

      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  6. saat semai potnya ditutup apakah harus dilubangi tutupnya?
    kalau tidak ada lubang, udara tidak bisa masuk apa tidak apa2?
    sekarang kan ada tray semai yg sudah lengkap dengan alas dan tutupnya pak, tapi kata penjualnya tutupnya tidak ada lubangnya, otomatis udara tidak masuk.
    ditempat saya binatang kecil2 banyak sekali, krn dekat kebun, sawah dan kali. bagaimana baiknya ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih telah main ke Blog saya.

      Kalau saya, tidak saya lubangi, langsung saya pakai tutup gelas plastik tersebut tanpa saya modifikasi.
      Meskinpun terlihat rapat, sebenarnya udara masih masuk karena tutup gelas plastik memang tidak bisa rapat, kecuali di kasih penutup yg dipanaskan pakai alat dan nempel ke gelas.


      Semoga membantu.
      ^_^

      Hapus
  7. Assalamualaikum.. Pak teguh,,saya sedang belajar tentang hidroponik..kbetulan saya mau tanam cabai,, apakah setelah bibit berusia dua minggu,,diperlukan nutrisi daun atau tidak?!

    BalasHapus